Senin, 07 Maret 2011

hiidup untuk bahagiia ....


hidup adalah usaha-usaha keras dalam meraih kebahagian, Sesuatu yg paling indah dalam kehidupan ini adalah adalah kebahgian
Hidup adalah keberadaan, hidup berbeda dengan ada, ada orang yang hidup hanya sekedar ada, dan setelah dia meninggal maka tiada lagi, tidak ada orang yg ingat, tidak ada bekas-bekas dari kehadiarannya di masa lalu.
Tapi orang yang hidup adalah orang-orang yang mengisi kebahgiannya dengan hal-hal yang bernilai, semakin dia hidup semakin bernilai usianya, bukan orang nya yg tetap hidup lama tapi namanya tetap hidup beberapa generasi setelah dia tiada!
Untuk hidup dalam kebahagian,sebetulnya sangat sederhana! kita yang sering mempersulit kabahagian kita, coba kita bertanya pada diri kita, apakah kita pribadi yg di senangkan atau malah sebaliknya cukup susah utk di senangkan oleh orang lain?
Apakah orang harus membayar mahal utk nyenangkan kita? Apakah orang harus bersujud lantas dengan cara begitu kita akan mersa senang? Atau kita akan mereasa senang dengan melihat anak kecil dengan berjalan tertatih-tatih dengan lincah lalu berkata dengan belonya bahasa anak2?
Jika kita orang yang mudah di senangkan, maka tdk heran cukup mudah kebahagian yg akan kita peroleh. Tapi apa bila anda berharap yang besar untuk di senangkan maka jelaslah bahwa kita menjadi pribadi yang sulit utk di bahagiakan…jadi jika kita bahagia, maka jadilah pribadi yg mudah berbahagia dan di bahgiakan dalam keadaan apapun!
orang yang hidup selalu menghasil hal2 yg penting dan menghasil kan nilai yg mungkin tdk dapat di lakukan orang lain,,,
Apa hal yg penting kt lakukan?
Hal yg terbaik kita lakukan adalah setiap dari yg kita lakukan selalu melahir rasa senang di hati orang lain, jika segala sesuatu yg kita lakukan menimbulkan kesenangan di hati orang lain maka mari kita bangun kesenangan itu untuk kebahagian kita karena alasan kebahagian yang dibangun berdasarkan kebahgian yg telah kita berikan, karena kebaikan akan selalu melahirkan kebaikan yang berbalasan melebihi dari kebaikan yg pernah kita berikan ke orang lain!
Sering kali kita sulit membangun kebahagian krn kita sulit percaya bhw kita bisa meraih kebahgian itu, lalu menjadikan contoh org yg menderita sebagai barometer dalam memandang kabahgian yg ingin kita raih, sebagian orang yg hidup sulit tuk mempercayai kebahgiaan, lihatlah kepada orang yg sering mengeluh akan keadaanya, dan jika di ingatkan mereka akan berkata, jika pun aku berubah kondisinya jg tidak berubah”
Sabahat ku, jika kita sendiri membatalkan kemungkinan2 utk sebuah perubahan maka hari ini apa yg kita lakukan adalah yg terbaik, Maka sebalik akan beralaku, jika percaya akan perubahan, maka kita juga percaya bahwa hijrah selalu melahirkan perubahan positif yg membuat kita akan berubah dari suatu keadaan menuju keadaan yg lebih baik!
Menjadi pertanyaan bagi kita bagaimana kita bisa memunculkan keyakinan dalam diri adalah dengan memunculkan pertanyaan sederhana dalam khdpn sehari2.,,,knp kita tdk memukul dinding dengan keras, karena hal itu tentunya akan menyakiti kita, dan kalau kt yakin bahwa kabahgiaan kita tdk akan kt dapatkan di tempat lain maka kita akan bertahan di tampat yg sama, apabila kt tdk yakin mencapai perubahan dengan cara2 baru, maka kita akan terus betahan dengan cara2 lama meskipun kita dimarjinalkan dan di singkirkan, maka kahati2an dalam keyakinan sangat menentukan kebahagian dalam hidup ini!
Kebahagian itu adalah gembira dalam kedamaian yg penuh kesyukuran, bagaimana kita bisa berbahagia jika kita adalah org yg penyedih? Utk membahagiakan diri saja kadang sangan sulit lalu bagimna kita bisa membahagiakan orang lain?
Ada orang akan senang dan bahagia jika melihat org lain susah, melihat org lain menderita, lalu dimana kedamaian jika kita sendiri tdk mampu mendamaikan diri kita sendiri? Malahirkan dendam,melahirkan kebencian dan menyalahi janji kita kepada tuhan!
Maka keyakinan kita akan menepis kita semua, tuhan selalu peracaya pada yg berupaya, tidak semua upaya mampu mensejahtrakan, tapi upaya selalu mendatang kan kabaikan, lalu seberapa banyak keupayaan dalam kebaiakan yg sudah kita lakukan???
Terkadang dalam hidup mmg harus memiliki target yg harus kita pasang, setiap hari berapa banyak orang yg ingin/harus kita bahagiakan? Karna klo kita tdk ada upaya utk membahagiakan tapi kita ingin kebahagiaan perumpaan kita ingin berenang,tapi takut kebasahan, maka dari itu jika kita ingin bahagia maka berenanglah dalam kolam renang kebagian dan jangan takut akan bsh dengan air mata dan kesedihan, stiap kabaikan sll melahirkan dua sisi mata uang antara kebaiakan dan keburukan,tapi yakinlah bwh jika kita tanam padi maka rumput akan selalu tumbuh, tapi sebaliknya, jika kita tanam rumput maka mustahil padi akan ada di sana, artinya; setiap kebaikan akan sll melahirkan tanggapan negatif dan dalam keburukn mustahil melahirkan nilai2 positif..!
banyak orang yg mensyaratkan orang lain menyanyai dirinya, tapi sedikit sekali usaha2 yg di lakukan oleh kita utk membhagiakan orang lain, klo saja setiap pribadi kita sadar bhw kt lah yg memiliki tanggung jwb utk membahagiakan orang lain maka setiap saat kehadiran kita merupakan penggembira bagi semua orang!
Sahabat ku, orang yg selalu melahirkan kabahagian maka dia akan selalu mendapatkan kabagaian dan kebahadiaan itu akan selalu menyertai dalam setiap langkah!
kalau kita ingin menjadi pribadi yg berbahagia, jadilah pribadi yg membahagiakan,,,org2 yg sulit merasa bahgia adalah orang2 yg selalu ingin di bahagiakan,,,” bagaimana aku bisa muji kamu kalo km tdk muji aku? bagaimana aku bisa berterimakasih klo kamu tdk memberikan apa2 pada ku? bagaimana aku minta maaf klo km blm minta maaf duluan?
Setiap yang salah tidak semuanya adalah kesalahan, karena pada dasarnya dia sedang mengupayakan sesuatu yg baik dengan cara yg salah, dua sisi ini selalu mengalir dalam setiap kesalahan dan kesalahan selalu memiliki kesempatan utk melakukan perbaikan di ms yg akan datang!
Sahabat ku!
Banyak kita yg menginginkan kebahagian, tapi sampai dengan hari ini kita belum tau, apa yg membuat kita bahagia, klo kita di tanya apa yg membuat kita bahagia, maka kita pasti menjawab apa yg menjadi cita2 dan tujuan kita tercapai, lalu setelah mencapai apa yg kita cita2 kan lantas membuat kita bahagia? Tdk ada sebuah jawaban yg pasti akan pertanyaan itu, tapi memiliki cita2 adalah sebuah keharusan..
Lalu bagaimana kita bisa bahagia sementara keadaan kita sangat sulit? Kadang kita selalu melihat masalah adalah sebuah kenistaan, kita sering bertanya, ya tuhan knp engkau berikan cobaan ini kpd ku?
Maka utk mendapatkan kebahagiaan dalam masalah adalah dengan melihat masalah sebagai sebuah kemuliaan, kerena tuhan memberikan setiap masalah mengikuti ukuran kemampuan kita, sering kita kalah dalam masalah hanya krn faktor keyakinan dalam diri, krn kita yakin masalah itu susah utk di selesaikan maka kt akan di ganggam oleh masalah itu, maka berbalikan lah bhw masalah itu akan selesai, dan kitapun mampu menggemgam masalah itu,,,
Kebahagian sungguh merupakan sebuah pilihan, jika kita bersedih karena di tinggalkan oleh orang yg kita sayangi, dengan meratapi tampa berkesudahan maka itu adalah pilihan, jika kita sudah menetapkan pilihan berada dalam kesedihan maka bertetapan dalam kesedihan, dan begitu jg sebaliknya, jika kt berjuang utk mengakhiri kesedihan maka kita akan mampu mendapatkan kebahagiaan, jika kita sedih selama 1 menit, maka kita telah kehilangan kesenangan selama 60 detik, dan jika kita berbagia dalam 1 menit, maka 60 detik telah kita lewati masa2 kesedihan,,,,
Sungguh kebahagian itu merupakan pilihan, syarat utk kebahagiaan adalah memilih bahagia dengan memiliki pikiran positif dan membuang jauh2 segala pernak pernik negatif yg mengalir dalam pikiran kita, maka pilihan kebahagian akan mengikuti orang2 yg memilih bahagia dari pada menderita..
Jgn pernah percaya kpd hal2 yg tdk bisa di rasionalkan, tapi jika kita jg percaya pada hal2 yg demikian, maka labih baik percaya pada hal yg paling tidak bisa di jelas, apa hal tersebut, yaitu tuhan,,,!
Sahabat ku!
Ketika masih bersama dengan orang2 yg berada di sekitar kita, kita sering kesel, marah dan benci pada mereka, bahkan terkadang, terhadap org tua teman-teman sering kita kesel, dengan berbagai macam perkataan muncul, ibu itu kulot, ini gak boleh itu gak boleh, ibu itu gak ngerti dengan anak muda jaman sekarang,ketika bapak saya masih hidup, saya sering memaksakan kehendak, semua permintaan harus di penuhi, kita tidak sadar telah melakukan kesalahan dengan melakukan setiap tindakan karena keegoisan kita, tapi seiring dengan perjalan waktu, dan bapak saya meninggal, saya serasa sangat menyesal, seandainya bapak masih ada, semua permintaan dia serasa akan saya penuhi, tapi ada daya nasi telah menjadi bubur, kita tidak mampu mengembilikan waktu yang telah melewati batas dan ruang yang ada, sehingga, kita tau guna tangan setelah tangan tiada, kita tau nya guna mata setelah mata itu tiada, dan kita tau betapa berharganya hidup setelah kematian menjemput, nau’zubillahi minzalik!
Sahabat ku,
Sumber utama ketidak bahagiaan adalah ketidak mampuan menerima apa yang sudah terjadi, begitu banyak diantara kita tidak bahagia karena apa yg sudah terjadi tidak pernah terjadi, sehingga kebahagiaan kita di bawa arus kejadian di masa lampau, jika kita ingin bahagia maka mari kita lepaskan ikatan kebahagian dengan apa yang sudah terjadi di masa lalu. Kebahagian itu akan pasti akan kita peroleh ketika kajadian di masa lalu menjadi pengungkit utk kebahagiaan di masa depan!
jika anda marah kepada seseorang, maka marahlah, tapi jangan sampai terbawa amarah, jika adan benci kepada seseorang maka bencilah namun jangan sampai kpd kebencian, krn kemarahan sesaat merupakan bentuk perpindahan emosi dalam menata diri untuk mewujudkan pribadi yang mulia dan lebih baik!
Mari kita jadikan pribadi yang memiliki indikasi baik dalam memperoleh kebaikan di masa depan, semua kita punya masa lalu, susah maupun senang, maka dari itu pilih indikasi kabaikan maka kebahagian akan menjelma dalam diri kita semua, amin allahumma amien!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar